Cara Mengatasi Keputihan Pada Remaja

cara-mengatasi-keputihan-pada-remaja
pixabay.com


Cara mengatasi keputihan pada remaja - masa-masa remaja adalah masa-masa dimana dalam tahap pengenalan dan pembelajaran tentang hal yang menyangkut organ reproduksi nya masing-masing. Misalnya pada remaja perempuan yang pada saat memasuki masa pubertas, pada saat hawal haid, pastilah merasa tidak nyaman dan kebingungan bagaimana langkah yang benar untuk diambil. 

Begitu pula saat paska haid seringkali terjadi keputihan pada seorang remaja dan mereka sering merasa ketakutan, apa sih ini, kenapa sih bisa terjadi keputihan?? Keputihan pada remaja seringkali disebabkan oleh kurang merawatnya organ intim karena mereka belum mengetahui tentang itu sehingga mereka tidak peduli. 

Masih banyak lagi penyebab keputihan yang mendera para remaja. Untuk meghemat waktu, bagi remaja-remaja yang mengalami keputihan tetapi masih keingungan bagaimana mengatasinya, maka ladys patut membaca bagaimana Cara mengatasi keputihan pada remaja berikut:

Cara yang pertama atau langkah yang paling awal yaitu menjaga kondisi si organ intim tetap dalam kondisi tidak lebab, karena dalam kondisi lembab itulah bakteri-bakteri akan berkembang dan menambah parahnya keputihan yang sudah terjadi.

Pakailah underware yang terbuat dari kain katun agar mudah menyerp keringat, dan menjaga organ intim agar tetap kondisi tidak lembab. Dan jangan lupa segera berganti underware apabila underware tersebut sudah setengah basah atau lembab, agar bekteri tidak masuk pada organ intim.

Jangan menggunakan pantyliner pada saat keputihan agar bakteri yang ada pada cairan keputihan tidak masuk lagi, akibat penggunaan pantyliner, tapi apabila saat kondisi terdesak memakai tidak apa-apa, tetapi segera dilepas jika sudah selesai.

Juga himbauan untuk para remaja untuk tidak memakai pembalut berbau harum atau mengandung fragrans atau parfum karena itu berbahaya bagi kesehatan orga intim kita.

Jika sudah merasa sangat tidak nyaman dan merasa perlu diobati, sebaiknya gunakan obat dari ramuan alami, misalnya menggunakan air rebusan 10 daun sirih dengan 4 gelas air, lalu air rebusan itu dibasuhkan ke organ intim setelah dingin.

Cara untuk mengatasi keputihan pada remaja dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan rebusan dari batang sambioto yang caranya hampir sama dengan meramu daun sirih tadi, yaitu setelah dibersihkan kemudian direbus lalu dibasuhkan pada organ intim setelah dingin.

Cara mengatasi keputihan pada remaja dari obat herbal lainnya adalah dengan meminum ramuan atau bisa dikatakan jamu tradisional dari sirih dan tanaman kunci yang diparut kemudian di ambil sarinya, kemudian diminum. Ada juga yang mengatakan ramuan dari kunyit, asam jawa dan gula aren atau gula jawa yang juga berkhasiat untuk mengatasi keputihan. 

Caranya yaitu denga memparut kunyit, lalu campur dengan si asam jawa dan gula aren atau gula jawa tersebut, lalu saring dan minum 2 kali sehari, sampai keputihan anda benar-benar sembuh.

Keputihan sebenarnya tidak berbahaya jika cairan yang keluar bening, tidak berbau dan tidak gatal. Keputihan yang berbahaya atau perlu diwaspadai adalah yang cairannya berwarna kekuningan bahkan kehijauan dan gatal serta berbau maka anda patut segera mengatasinya atau memeriksakannya kedokter ahli. 

Cara mengatasi keputihan pada remaja sebenarnya banyak sekali, namun terkadang jika ada banyak pilihan kita menjadi kebingungan sendiri, sebaiknya anda coba salah satu dahulu, kemudian besa lainnya menurut menat dari anda sendiri. Semoga cepat sembuh ya

0 Response to "Cara Mengatasi Keputihan Pada Remaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel